Rabu, 26 Oktober 2011

T O W S dan Mimpi

T O W S, tahu tentang deretan huruf ini? mungkin jika yang bergelut dibidang marketing akan sangat mengerti bahwa deretan huruf itu merupakan strategi kebalikan dari S W O T. Keduanya memiliki kepanjangan huruf yang sama yaitu S untuk Strengths (Kekuatan), W untuk Weaknesses (Kelemahan), O untuk Opportunities (Kesempatan), dan T untuk Threats (Ancaman) tetapi pada perumusan strategi marketing diaplikasikan secara berkebalikan .

Lalu apa hubungannya dengan mimpi?

Jika aku berbicara tentang SWOT dalam mewujudkan Mimpi maka aku harus memulai semuanya dari mengenali apa yang menjadi kekuatan (S) dan kelemahanku (W) untuk melihat apakah aku memiliki kesempatan (O) untuk bermimpi hal itu dan mewujudkannya ditengah semua ancaman (T) yang mencoba menggagalkannya. Jika memang ada kesempatan itu maka aku akan bermimpi itu, dengan arti lain mimpiku hanya sebatas kekuatanku.

Tapi jika seperti itu, apakah aku tak pantas untuk dapat mewujudkan sesuatu yang lebih? Tidak, tidak seperti itu. Kuyakini diriku bahwa aku bisa mewujudkan mimpi yang lebih besar dari kekuatanku. Maka kali ini aku akan memilih TOWS untuk mewujudkannya.

Untuk mewujudkan mimpi, aku harus menyadari ancaman (T) terbesar apa yang kumiliki yang mampu membuat ku gagal untuk muwujudkannya lalu mencari kesempatan (O) yang kupunya disela-sela ancaman baru kemudian beralih pada diriku, pada kelemahanku (W) setelah mengetahui semua itu maka aku akan bangun kekuatanku (S) untuk mewujudkannya.

Sekarang kekuatan bukanlah lagi batas yang kumiliki tetapi sesuatu yang harus kubangun untuk mewujudkanmu. Aku tau butuh waktu dan usaha yang lebih tapi bukan mimpi namanya jika mudah di wujudkan.

Semangat selalu. ^-^v

5 komentar:

littleopie mengatakan...

keliatan memang yang anak pemasarannya... :)
Dulu juga tidak ada yang percaya saat ada anak di kampungku yang bahkan masuk smp nya telat 3 bulan, tidak pernah ranking di kelas dan hanya dapat nilai paling tinggi 5 untuk pelajaran fisika dan biologi namun bisa lulus kuliah dan kini bekerja di BUMN..hehe...itu baru namanya semangat fie..

langkah fie mengatakan...

dirimukah itu opie? qeqeqe..

semangat anak muda ^-^

yopi msari mengatakan...

wah...punya ilmu membaca pikiran ya fie.. ? :) apapun itu..Allah swt tidak pernah tidur

Anonim mengatakan...

like this deh.. :)

langkah fie mengatakan...

@Anonim : terimakasih ^-^

Posting Komentar