Rabu, 20 Oktober 2010

trial and error, menjadi luar biasa

Aku pernah bertanya kepada seorang psikolog saat mengikuti kelas pengembangan diri.
“Ibu, sebelumnya saya ingin tahu apakah Ibu bersependapat dengan saya bahwa manusia itu terlahir dengan kemampuan yang luar biasa?”
Psikolog itu mengangguk mengiyakan pertanyaanku.
“lalu bagaimana kita bisa tau bahwa kita sudah benar-benar menggunakan kemampuan luar biasa itu, bahwa kita sudah benar-benar luar biasa?”
Psikolog itu tersenyum lalu menjawabnya “ketika kamu mulai mencoba, ketika kamu mencoba, mencoba dan mencoba lagi, dan ketika kamu berhenti mencoba”
Kali ini aku yang mengangguk tersenyum, aku lupa jika hidup ini adalah Trial and Error, hanya dengan mencoba kamu akan mengerti apakah hasilnya seperti yang kamu harapkan atau tidak seperti yang kamu harapkan, error, bukan kegagalan karena kegagalan bagiku adalah ketika kamu tidak pernah mencoba, tapi jika kamu sudah mencoba dan tidak seperti yang diharapkan maka itu hanya error.

Lalu berapa banyak error yang harus terjadi hingga kamu mengerti bahwa kamu harus berhenti mencoba. Tak ada ukuran pasti itu yang aku tau. Ada yang mencoba 1000 kali dengan hasil error tapi tidak membuat dia berhenti mencoba untuk ke 1001 kalinya, ada yang mencoba 1 kali dengan hasil error tapi dia sudah sampai pada kesimpulan bahwa itu bukan untuknya dan tak pernah mencobanya lagi. Tapi bagaimanapun juga memulai untuk mencoba adalah hal yang luar biasa walaupun itu hanya sekali karena mencoba memulai itu adalah hal yang sulit.

4 komentar:

achie mengatakan...

Sulit kan karena belum memulai mencoba. Kalo mencoba memulai aja belum ko uda bilang sulit.

btw yang bagus itu memulai untuk mencoba atau mencoba untuk memulai?? :p

langkah fie mengatakan...

wueehhh... nah loh... dibolak-balik sama si Achie *garuk-garuk bingung -.-*

memulai untuk mencoba #/= mencoba untuk memulai. sama tapi terasa berbeda yah Chie. buat ku dua-duanya bagus.

ps:jangan ditanya perbedaannya dimana ya Chie *ngancem* hehehehe......

achie mengatakan...

hahahaha.. baru mau tanya bedanya dimana :p

langkah fie mengatakan...

heheheh kalah start, emang kok dimana-mana bajai yang menang

*ngerasa bajai* :D

Posting Komentar